Selasa, 25 Mei 2010

Facebook Hapus Fan Page Sketsa Nabi


Jum'at, 21 Mei 2010 - 10:33 wib

Sarie - Okezone

JAKARTA - Fan page 'Everybody Draw Mohammed Day' akhirnya menghilang dari Facebook. Sejak hari ini, fan page tersebut tidak lagi bisa diakses.

Ditelusuri okezone, Jumat (21/5/2010), meski di akses melalui sistem pencarian yang disediakan di Facebook, fan page tersebut tetap tidak 'nongol'.

Besar kemungkinan Facebook telah menghapusnya dari peredaran, mengingat banyaknya kecaman yang dilayangkan terkait fan page yang menyerukan tanggal 20 Mei sebagai hari menggambar sketsa Nabi Muhammad sedunia, untuk kemudian meng-uploadnya ke Facebook.

Fan page tersebut sempat menarik perhatian lebih dari 75.000 anggota Facebook di seluruh dunia. Bahkan terakhir terlihat, foto sketsa Nabi Muhammad yang masuk telah berjumlah lebih dari 6.000 foto.

Sepanjang fan page ini beredar, negara-negara Islam memberikan responsnya terkait 'Everybody Draw Mohammed Day'. Bahkan Pakistan dan Indonesia mengajak penyedia ISP untuk memblokir Facebook, khususnya URL fan page tersebut.

Pakistan sendiri langsung memblokir Facebook dan YouTube secara keseluruhan, terhitung sejak 18 Mei lalu hingga 31 Mei, sebagai aksi protes terhadap situs tersebut yang belum juga menutup fan page itu.

Fan page 'Everybody Draw Mohammed Day' dibuat sekelompok Facebookers yang mengajak semua orang untuk menggambar sketsa Nabi Muhammad. Dalam keterangan di akun tersebut, sang admin yang tidak diketahui namanya itu terungkap jika fan page ini dibuat sebagai bentuk respon atas hujatan para muslim di dunia (khususnya blogger muslim) terhadap Comedy Central yang menunjukkan sketsa Nabi Muhammad mengenakan stelan beruang dalam salah satu episode South Park.

Kartunis asal Seattle bernama Molly Norris mengajak semua seniman di seluruh dunia untuk menciptakan penggambaran Nabi Muhammad pada tanggal 20 Mei. Untuk kemudian memasukkannya ke halaman Facebook yang telah disediakan.
(srn)


posted by okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar